Materi KKPI
Materi KKPI SMK
Ampelgading Kelas X
Materi KKPI Kelas X :
Semester I
1. Mengoperasikan Sistem Operasi Berbasis Text dan GUI
2. Mengoperasikan software aplikasi pengolah kata (Microsoft Word 2007)
Semester II
1. Mengoperasikan software pengolah angka (Microsoft Excel 2007)
1. Mengoperasikan Sistem Operasi Berbasis Text dan GUI
2. Mengoperasikan software aplikasi pengolah kata (Microsoft Word 2007)
Semester II
1. Mengoperasikan software pengolah angka (Microsoft Excel 2007)
Materi KKPI Kelas X :
Semester I
1. Mengoperasikan Sistem Operasi Berbasis Text dan GUI
1. Mengoperasikan Sistem Operasi Berbasis Text dan GUI
PENGANTAR
KOMPUTER DAN PERKEMBANGANNYA
Pendahuluan
Deskripsi
Singkat
Komputer sudah merupakan kebutuhan pokok dalam membantu pekerjaan manusia dalam
bidang sistem informasi. Sehingga komputer selalu disalah artikan sebagai
sistem informasi. Pada pokok bahasan ini akan membahas komputer dan
perkembangannya beserta klasifikasinya, sehingga tidak disalah artikan lagi
sebagai sistem informasi.
Dalam pokok bahasan ini mencoba
membantu mahasiswa dalam memahami komputer dan perkembangannya yang terdiri
dari,
1. Definisi komputer
2. Sistem komputer
3. Klasifikasi komputer
DEFINISI
KOMPUTER
Komputer merupakan suatu perangkat
elektronika yang dapat menerima dan mengolah data menjadi informasi, menjalankan
program yang tersimpan dalam memori, serta dapat bekerja secara otomatis dengan
aturan tertentu. Komputer berasal dari bahasa latin computare
yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer,
para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi
komputer.
Menurut
Hamacher [1],
Komputer adalah mesin penghitung
elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian
memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan
output berupa informasi.
Menurut
Blissmer [2]
mengatakan bahwa, komputer adalah
suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan
perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, menyediakan output dalam bentuk
informasi.
Menurut
Fuori [3]
berpendapat bahwa komputer adalah
suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat,
termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari
manusia.
SISTEM
KOMPUTER
konsepsi komputer sebagai pengolah
data untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer
(computer system) yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware.
Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk
kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga
sebaliknya. Dan keduanya tiada bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware)
yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
Sebuah sistem komputer tersusun atas
tiga elemen, yaitu
1. Hardware (Perangkat Keras), merupakan rangkaian elektronika
2. Software (Perangkat Lunak), merupakan program yang dijalankan pada komputer
3. Brainware (SDM), manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan system computer.
1. Hardware (Perangkat Keras), merupakan rangkaian elektronika
2. Software (Perangkat Lunak), merupakan program yang dijalankan pada komputer
3. Brainware (SDM), manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan system computer.
Perangkat
Keras
Perangkat keras komputer secara garis besar terdiri atas tiga komponen utama, yaitu
1. Processor, merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan pemprosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Prosesor terdiri atas dua bagian utama, yaitu ALU (Arithmetic Logic Unit) dan Control Unit.
Kecepatan kerja prosesor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unit-nya. Contoh : jika prosesor memiliki frekuensi clock 350 MHz, berarti kecepatan pemprosesan satu instruksinya = T = 1/f =
1/(350 x 106Hz), = 0,286 x 10-8detik.
2. Memory, berdasarkan fungsinya dibagi menjadi dua yaitu
Perangkat keras komputer secara garis besar terdiri atas tiga komponen utama, yaitu
1. Processor, merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan pemprosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Prosesor terdiri atas dua bagian utama, yaitu ALU (Arithmetic Logic Unit) dan Control Unit.
Kecepatan kerja prosesor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unit-nya. Contoh : jika prosesor memiliki frekuensi clock 350 MHz, berarti kecepatan pemprosesan satu instruksinya = T = 1/f =
1/(350 x 106Hz), = 0,286 x 10-8detik.
2. Memory, berdasarkan fungsinya dibagi menjadi dua yaitu
a. Primary
Memory, dipergunakan untuk menyimpan data dan instruksi dari program yang
sedang dijalankan. Biasa juga disebut sebagai RAM.
Karakteristik dari memori primer
adalah
- Volatil (informasi ada selama
komputer bekerja. Ketika komputer dipadamkan, informasi yang disimpannya juga
hilang)
- kecepatan tinggi
- akses random (acak)
- I/O Device memori
b. Secondary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data atau program biner secara permanen. Karakteristik dari memori sekunder adalah
- non volatil atau persisten
- kecepatan relatif rendah (dibandingkan memori primer)
- akses random atau sekuensial
- kecepatan tinggi
- akses random (acak)
- I/O Device memori
b. Secondary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data atau program biner secara permanen. Karakteristik dari memori sekunder adalah
- non volatil atau persisten
- kecepatan relatif rendah (dibandingkan memori primer)
- akses random atau sekuensial
Contoh memori sekunder : floppy,
harddisk, CD ROM, magnetic tape, optical disk, dll. Dari seluruh contoh
tersebut, yang memiliki mekanisme akses sekuensial adalah magnetic tape
3. Input-Output Device, merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan lingkungan di luarnya. Dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu
a. Input Device (Piranti Masukan), berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan dari luar. Beberapa contoh
piranti masukan :
- keyboard
- mouse
- touch screen
- scanner
- camera
- modem
- network card
- dll
b. Output Device (Piranti Keluaran), berfungsi sebagai media komputer untuk memberikan keluaran. Beberapa contoh piranti
masukan :
- Monitor
- Printer
- Speaker
- Plotter
- Modem
- network card
- dll
3. Input-Output Device, merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan lingkungan di luarnya. Dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu
a. Input Device (Piranti Masukan), berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan dari luar. Beberapa contoh
piranti masukan :
- keyboard
- mouse
- touch screen
- scanner
- camera
- modem
- network card
- dll
b. Output Device (Piranti Keluaran), berfungsi sebagai media komputer untuk memberikan keluaran. Beberapa contoh piranti
masukan :
- Monitor
- Printer
- Speaker
- Plotter
- Modem
- network card
- dll
Perangkat
Lunak
Perangkat lunak dapat diklasifikasikan sebagai berikut
Perangkat lunak dapat diklasifikasikan sebagai berikut
1. Sistem Operasi, merupakan
perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan antarmuka dengan
perangkat lunak lain atau dengan pengguna. Contoh sistem operasi : MS DOS, MS
Windows (dengan berbagai generasi),
Macintosh, OS/2, UNIX (dengan berbagai versi), LINUX (dengan berbagai
distribusi), NetWare, dll
2. Program Utilitas, merupakan program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer, seperti anti virus, partisi hardisk, manajemen hardisk, dll. Contoh produk program utilitas : Norton Utilities, PartitionMagic, McAfee, dll
3. Program Aplikasi, merupakan program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Contoh : aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur, dll
4. Program Paket, merupakan program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum, seperti :
- Pengolah kata /editor naskah : Wordstar, MS Word, Word Perfect, AmiPro, dll
- Pengolah angka / lembar kerja : Lotus123, MS Excell, QuattroPro, dll
- Presentasi : MS PowerPoint, dll
- Desain grafis : CorelDraw, PhotoShop, dll
2. Program Utilitas, merupakan program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer, seperti anti virus, partisi hardisk, manajemen hardisk, dll. Contoh produk program utilitas : Norton Utilities, PartitionMagic, McAfee, dll
3. Program Aplikasi, merupakan program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Contoh : aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur, dll
4. Program Paket, merupakan program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum, seperti :
- Pengolah kata /editor naskah : Wordstar, MS Word, Word Perfect, AmiPro, dll
- Pengolah angka / lembar kerja : Lotus123, MS Excell, QuattroPro, dll
- Presentasi : MS PowerPoint, dll
- Desain grafis : CorelDraw, PhotoShop, dll
5. Bahasa Pemprograman, merupakan
perangkat lunak untuk pembuatan atau pengembangan perangkat lunak lain. Bahasa
pemprograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, tingkat sedang, dan
tingkat tinggi. Pergeseran dari tingkat rendah ke tinggi menunjukkan kedekatan
dengan ‘bahasa manusia’. Bahasa tingkat rendah (atau biasa disebut bahasa
assembly) merupakan bahasa dengan pemetaan satu persatu terhadap instruksi
komputer. Contoh bahasa tingkat tinggi : Pascal, BASIC, Prolog, Java dll.
Contoh bahasa
tingkat menengah : bahasa C. Seperti
perangkat lunak lain, bahasa pemprograman juga memiliki pertumbuhan
generasi.
Brainware
(SDM)Terdapat berbagai peran yang dapat dilakukan manusia dalam bagian sistem
komputer. Beberapa peran di antaranya adalah
1. Analis Sistem, berperan melakukan analisis terhadap permasalahan yang dihadapi, serta merancang solusi pemecahannya dalam bentuk program komputer.
2. Programmer, berperan menerjemahkan rancangan yang dibuat analis kedalam bahasa pemprograman sehingga solusi dapat dijalankan oleh komputer
3. Operator, bertugas menjalankan komputer berdasarkan instruksi yang diberikan
4. Teknisi, bertugas merakit atau memelihara perangkat keran komputer
1. Analis Sistem, berperan melakukan analisis terhadap permasalahan yang dihadapi, serta merancang solusi pemecahannya dalam bentuk program komputer.
2. Programmer, berperan menerjemahkan rancangan yang dibuat analis kedalam bahasa pemprograman sehingga solusi dapat dijalankan oleh komputer
3. Operator, bertugas menjalankan komputer berdasarkan instruksi yang diberikan
4. Teknisi, bertugas merakit atau memelihara perangkat keran komputer
KLASIFIKASI
KOMPUTER
Berdasarkan Sinyal Masukan
Berdasarkan sinyal masukan, komputer dapat diklasifikasikan menjadi
1. Komputer Analog, menerima sinyal masukan berupa data analog.
Contoh : komputer penghitung aliran BBM dalam SPBU
2. Komputer Digital, mernerima masukan digital, merupakan komputer kebanyakan yang kita kenal.
3. Komputer hibrid, menerima masukan analog dan digital
Berdasarkan Sinyal Masukan
Berdasarkan sinyal masukan, komputer dapat diklasifikasikan menjadi
1. Komputer Analog, menerima sinyal masukan berupa data analog.
Contoh : komputer penghitung aliran BBM dalam SPBU
2. Komputer Digital, mernerima masukan digital, merupakan komputer kebanyakan yang kita kenal.
3. Komputer hibrid, menerima masukan analog dan digital
Berdasarkan ukuran fisik dan
kapabilitasnya, komputer dapat diklasifikasikan menjadi
1. Komputer mikro, berukuran kecil,
biasanya dipergunakan oleh satu orang. Contoh : PC, Notebook, Palmtop, PDA, dll
2. Komputer Mini, berukuran lebih besar, biasa digunakan untuk kebutuhan pekerjaan yang lebih besar juga. Contoh : komputer Alfa, dll
3. Supercomputer, merupakan komputer berkinerja amat tinggi, biasanya untuk memenuhi kebutuhan pemprosesan yang amat besar.
Contoh : Cray, DeepBlue, EarthSimulator, dll
4. Mainframe
Berdasarkan Generasi
Berdasarkan generasi teknologi penyusunnya, komputer dapat diklasifikasikan menjadi
1. Generasi I, tahun 1946-1959, menggunakan tabung hampa
2. Generasi II, tahun 1959-1965, menggunakan transistor
3. Generasi III, tahun 1965-1970, menggunakan IC (Integrated Circuit)
4. Generasi IV, tahun 1970-sekarang, menggunakan VLSI (Very Large Scale IC)
Berdasarkan Tujuan Pembuatan
Berdasarkan tujuan pembuatan, komputer dapat diklasifikasikan menjadi
2. Komputer Mini, berukuran lebih besar, biasa digunakan untuk kebutuhan pekerjaan yang lebih besar juga. Contoh : komputer Alfa, dll
3. Supercomputer, merupakan komputer berkinerja amat tinggi, biasanya untuk memenuhi kebutuhan pemprosesan yang amat besar.
Contoh : Cray, DeepBlue, EarthSimulator, dll
4. Mainframe
Berdasarkan Generasi
Berdasarkan generasi teknologi penyusunnya, komputer dapat diklasifikasikan menjadi
1. Generasi I, tahun 1946-1959, menggunakan tabung hampa
2. Generasi II, tahun 1959-1965, menggunakan transistor
3. Generasi III, tahun 1965-1970, menggunakan IC (Integrated Circuit)
4. Generasi IV, tahun 1970-sekarang, menggunakan VLSI (Very Large Scale IC)
Berdasarkan Tujuan Pembuatan
Berdasarkan tujuan pembuatan, komputer dapat diklasifikasikan menjadi
1. General Purpose, merupakan
komputer yang dikembangkan untuk kebutuhan umum. Contoh : PC, Notebook, dll
2. Special Purpose, merupakan
komputer yang dikembangkan untuk kebutuhan khusus. Contoh : komputer khusus
untuk bermain catur
Pengertian Komputer menurut para ahli
- Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. (By : Sutrisno, S.Kom)
- Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori ( By : Donald H.Sanders)
- Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi. ( By : V.C. Hamacher, Z.G. Vranesic. S.G. Zaky )
- Komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.( By : Gordon B. Davis )
- Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.( By : William M.Fouri )
Komponen Sistem Komputer
Komponen
pada sistem komputer adalah :
- Unit pemroses Mengendalikan operasi komputer dan melakukan fungsi pemrosesan data, yang terdiri dari ALU, CU, Register.
- Main memory Menyimpan data dan program, dan bersifat volatile.
- Perangkat masukan dan keluaran Memindahkan data antara komputer dan lingkungan eksternal.
- Interkoneksi antar kompone Struktur dan mekanisme yang menghubungkan antara pemroses-main memory-perangkat masukan dan keluaran. Unit Pemroses
Pemroses
(CPU) merupakan otak dari sistem komputer, berfungsi mengendalikan operasi
komputer didalam pemrosesan data, menghitung, operasi logik dan mengirim data
dengan membaca instruksi dari memori dan mengeksekusi.
Didalam proses eksekusi, CPU menggunakan Clock (membangkitkan pulsa ke pemroses) dengan melakukan kerja yaitu mengambil instruksi yang dikodekan secara biner dari main memory, kemudian men-dekode instruksi menjadi aksi-aksi sederhana lalu melaksanakan aksi-aksi. Aksi-aksi disini seperti operasi aritmatika, logika dan pengendalian
Memori
A. Main Memory
Memori utama yang dibagi menjadi 3 bagian yaitu :
-Register dan Buffer (terdapat didalam CPU)
-ROM (Read Only Memory) : BIOS, EPROM
-RAM (Random Access Memory) :
-SRAM (Static RAM) :
-Internal Cache Memory
-External Cache Memory
-DRAM (Dynamic RAM) :
-FPM (First Page Memory)
-EDO (Extend Data Out)
-SDRAM (Syncronous Dynamic)
-DDR (DoubleDate RAM)
-RAMBUS
B. Secondary Memory (Storage Devices)
Memori penunjang yang dibagi menjadi 2 bagian yaitu :
- Sequential Access : Magnetic Tape
- Random Access : Disket, Harddisk, Compact Disc, Digital Versatile Disk (DVD).
Perangkat
Masukan/ Keluaran
Perangkat ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu :
Perangkat ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu :
- Perangkat Masukan Perangkat yang berfungsi sebagai masuknya data pada komputer untuk diproses.
- Perangkat Keluaran Perangkat yang berfungsi sebagai keluar/ tampilnya data yang telah diproses oleh komputer.
- Perangkat Pengendali Perangkat yang dikendalikan oleh chip controller yang mengatur masuknya data dan keluarnya data dari komputer ke peripheral.
Interkoneksi
Antar Komponen
Interkoneksi antara CPU, memori dan perangkat masukan dan keluaran dihubungkan oleh BUS, yang dibagi menjadi :
Interkoneksi antara CPU, memori dan perangkat masukan dan keluaran dihubungkan oleh BUS, yang dibagi menjadi :
- Address Bus Jalur yang digunakan untuk pengalamatan dari CPU ke Memori atau port, secara pararel (16, 20, 24) dengan jumlah lokasi memori yang dapat dialamati 2N (N adalah jumlah jalur alamat).
- Data Bus Jalur yang digunakan untuk data-data yang dibaca/ ditulis oleh CPU kemudian dikirim/ diterima dari/ke memori maupun port I/O. Dan data bus terdiri dari jalur pararel (8, 16, 32, 64).
- Control Bus Jalur yang digunakan untuk mengirim sinyal-sinyal kendali untuk memerintahkan kepada memori untuk membaca/ menulis, pembacaan I/O. (Memory Read/Write, I/O Read/Write). Pada jalur ini berisi 4 ¨C 10 jalur sinyal secara pararel.
Eksekusi
Instruksi
Didalam sistem komputer, pemrosesan eksekusi instruksi dibagi menjadi dua tahap :
Didalam sistem komputer, pemrosesan eksekusi instruksi dibagi menjadi dua tahap :
- Pemroses membaca instruksi dari memori, disebut Fetch
- Pemroses melaksanakan instruksi, disebut Execut Pemrosesan satu instruksi disebut Instruction Cycle
Semester II
1. Mengoperasikan software pengolah angka (Microsoft Excel 2007)
1. Mengoperasikan software pengolah angka (Microsoft Excel 2007)
I. Mengenal Microsoft Excel
Microsoft Excel, untuk selanjutnya
disingkat Excel, adalah program aplikasi yang banyak digunakan untuk membantu
menghitung, memproyeksikan, menganalisa, dan mempresentasikan data. Disini kita
akan banyak bersinggungan dengan metode2 pembuatan tabel dan grafik yang sangat
dibutuhkan sekali dalam penyusunan data2 perusahaan, hasil2 penelitian, maupun
dalam pembuatan makalah pribadi.
II. Bekerja dengan
Microsoft Excel
A. Lembar Kerja Microsoft Excel
Sebelum mulai memasuki pembahasan Microsoft Excel, ada baiknya
kita mengenal lebih dulu bagaimana tampilan Microsoft Excel itu, beserta
beberapa istilah2 umum yang akan digunakan. Beberapa istilah2 umum yang
diberikan pada gambar dibawah ini akan banyak
digunakan dalam pembahasan selanjutnya, sehingga akan lebih baik bila kita
menghafalkannya dengan baik.
B. Memasukkan Data ke Lembar Kerja
Berbagai
jenis data dapat dimasukkan ke dalam lembar kerja seperti teks, nilai, tanggal,
jam dan lain sebagainya. Untuk memasukkan data ke dalam suatu sel, dapat
mengikuti langkah berikut ini :
1. Pilih atau klik
sel tempat anda akan memasukkan data
2. Ketikkan data
yang ingin dimasukkan
3. Tekan Enter atau
tombol arah panah atau tombol PgUp dan PgDn
C. Memperbaiki Kesalahan Pengetikan
Bila
ada kesalahan pengetikan data, anda dapat memperbaikinya dengan mengikuti
langkah2 berikut ini :
1. Pilih sel yang
datanya ingin diperbaiki, lalu tekan F2. Atau klik tombol kiri maouse 2
kali pada sel yang datanya ingin diperbaiki.
2. Selanjutnya
perbaiki data yang salah tersebut dan tekan tombol Enter bila sudah
selesai.
D. Menggunakan Rumus
Anda
dapat memasukkan rumus yang berupa instruksi matematika ke dalam suatu sel pada
lembar kerja. Operator hitung yang dapat digunakan
diantaranya adalah + (penjumlahan), -(pengurangan), * (perkalian), dan ^ (perpangkatan).
Untuk
mengisi sel E5 yakni Total Upah yang Diterima, dapat
ditempuh dengan beberapa cara.
① Menulis Rumus dengan
Menggunakan Angka Tetap
a. Tempatkan
penunjuk sel pada posisi yang diinginkan (dalam contoh ini E5)
b. Ketik rumus
“=48*3500” pada kolom baris rumus dan tekan Enter.
Catatan
: Penulisan
rumus selalu diawali dengan lambng sama dengan (=).
② Menulis Rumus dengan
Referensi Sel
b.
Ketik rumus “=E3*E4” pada kolom baris rumus dan tekan Enter.
Catatan
: Dengan
menggunakan cara ini, bila data di sel E3 &(atau) E4 diubah, maka hasil di
sel E5 pun akan ikut berubah.
③ Menulis Rumus dengan Cara
Menunjuk
Dengan
menggunakan keyboard atau mouse :
a. Tempatkan
penunjuk sel pada posisi yang diinginkan (dalam contoh ini E5)
b. Ketik “=” pada
kolom baris rumus
c. Pilih atau klik
sel E3, lalu ketik “*”
d. Pilih atau klik
sel E4 lalu tekan Enter.
E. Membuat Range/Blok Sel
Pada
saat bekerja menggunakan Excel, kita tidak hanya bekerja dalam satu sel saja.
Terkadang, anda akan bekerja dalam grup/kumpulan sel. Misalnya saja bila anda
ingin merubah jenis huruf beberapa kolom dan (atau) baris, ingin merubah rumus
beberapa kolom dan (atau baris), copy-paste atau mendelete data beberapa kolom dan(atau)
baris, dll. Dalam kondisi2 seperti ini, anda dapat menggunakan range/blok sel
ini untuk memudahkan kerja anda.
Range
dinamakan menurut alamat sel di ujung kiri atas sampai ujung kanan bawah.
Range/blok
sel dapat dibuat dengan beberapa cara :
① Membuat Range Menggunakan Tombol
Shift
a.
Tempatkan penunjuk sel awal range/bagian awal sel yang ingin diblok.
b. Sambil menekan Shift,
tekan tombol anak panah sampai sel tujuan, yaitu E7
② Membuat Range Menggunakan
Mouse**
③ Membuat Kolom atau Baris
a.
Klik sel yang merupakan sel awal range, yaitu B2. Pointer/penunjuk mouse harus
barada dalam keadaan tanda plus warna putih (tunjuk ke dalam sel, bukan tepi
sel).
b.
Sambil tetap menekan klik kiri mouse, gerakkan mouse (drag) ke sel tujuan,
yaitu sel E7.
Suatu kolom atau baris dapat
disorot dengan mengklik huruf kolom atau nomor baris yang anda inginkan.
Misalnya cukup klik huruf kolom B bilai ingin menyorot seluruh kolom B.
④ Menyorot Sederetan Kolom atau
Baris
Untuk menyorot sederetan kolom
(misalnya B, C, D) atau sederetan baris (misalnya 3, 4, 5) dapat dilakukan
dengan mengikuti langkah berikut ini :
a.
Klik di huruf kolom atau di nomor baris awal.
b.
Sambil tetap menekan tombol mouse kiri, geserlah (drag) pointer (penunjuk)
mouse hingga menyorot seluruh baris itu.
F. Menghapus Data
Untuk
menghapus data di suatu sel atau range tertentu, pindahkan sel ke, atau buatlah
range tempat yang ingin dihapus, lalu tekan tombol Delete. Dan bila
ingin menghapus format tampilan data/sel dapat dilakukan dengan memilih dan
mengklik menu Edit, Clear, Formats.
G. Memasukkan Rangkaian Data dengan Fasilitas AutoFill
Untuk
memasukkan data berupa angka atau teks dengan fasilitas AutoFill, dapat
dilakukan dengan mengikuti langkah2 berikut ini :
1. Pilih/klik sel
tempat posisi awal dari rangkaian data yang ingin anda buat. Misalnya pilih/klik
sel B2.
2. Ketik data awal
yang anda inginkan. Misalnya teks “Jan” (January)
3. Pada sel
berikutnya (sel dibawah/B3 atau disampingnya/C2) ketik data berikutnya yang
anda inginkan. Misalnya di B3 ketik “Feb” (February)
4. Sorot/bloklah
B2:B3.
5. Dalam keadaan
masih tersorot, arahkan penunjuk/pointer mouse ke pojok kanan bawah sel B3
hingga tanda plus putih berubah menjadi plus hitam
6. Tekanlah tombol
kiri mouse dan geser/drag posisi pointer mouse ke sel yang diinginkan misalnya
B12. Dengan ini rangkaian data angka dapat ditampilkan.
F. Menggunakan Fasilitas AutoCalculate dan AutoSum
① AutoCalculate
Fasilitas
AutoCalculate (penghitungan otomatis) digunakan untuk melakukan penghitungan
dengan cepat dan mudah dari data2 yang cukup banyak dalam suatu range tertentu.
Didalam fasilitas AutoCalculate ini terdapat 6 buah perintah, yakni perintah
otomatis untuk menghitung rata2 (Average), jumlah data (Count), banyak data
angka (Count Nums), nilai max (Max), nilai min (Min), dan jumlah data angka
(Sum).
Cara
menggunakannya adalah sebagai berikut :
1. Sorot range data
yang akan dikalkulasi/hitung. Misal sorot range C7:C12 dari data seperti
dibawah
2. Klik tombol kanan
mouse di baris status, dan pilihlah jenis kalkulasi yang anda inginkan.
Misalkan pilihlah Average(A) untuk menghitung rata2 data.
3. Hasilnya akan
ditampilkan di baris status.
② AutoSum
Fungsi
AutoCalculate diatas adalah untuk menghitung cepat data2 yang cukup banyak,
tetapi tidak dapat menuliskan secara otomatis di lembar kerja anda. Khusus
untuk penjumlahan (Sum), ada cara mudah lain untuk melakukannya yang sekaligus
juga dapat langsung menuliskannya ke lembar kerja anda. Caranya adalah dengan
menggunakan tombol toolbar AutoSum (Σ).
Misalnya
dalam contoh diatas, bila kita ingin menuliskan total unit, letakkan pointer mouse
ke tempat yang kita inginkan (misalnya C13), lalu tekan tombol Σ di
toolbar.
LATIHAN
SOAL
Buatlah
lembar kerja daftar penjualan ponsel dari PT. SEJAHTERA menjadi seperti bentuk
dibawah ini. Serta isi pulalah tempat kosong pada kolom dan baris JUMLAH.
Ketentuan
Soal :
Buat rangkaian nama
bulan dengan menggunakan fasilitas AutoFill, Hitung jumlah penjualan mobil
setiap bulannya dan untuk setiap merk,Simpanlah lembar kerja padakomputer
dengan menggunakan nama file Latihan.XLS.

I. Mengatur Lebar Kolom
1.
Mengatur Lebar Kolom Menggunakan Mouse
① Arahkan pointer mouse pada batas kanan kolom yang
akan diubah hingga tanda
plus warna putih berubah menjadi
tanda panah dua arah.
Catatan : Bila ingin mengubah lebar sederet
kolom, terlebih dahulu bloklah kolom yang akan diubah lebarnya, kemudian
tempatkan pointer mouse ke batas kanan salah satu kolom tersebut.
② Klik tombol kiri mouse, dan
sambil terus menekan mouse geser(drag)-lah mouse hingga lebar kolom sesuai yang
diinginkan.
2.
Mengatur Lebar Kolom Sesuai Data Terpanjang
① Arahkan pointer mouse pada batas
kanan huruf kolom yang akan diubah lebarnya.
② Klik dua kali pada batas kolom.
Lebar kolom akan mengikuti data terpanjang yang ada pada kolom.
J. Mengatur Tinggi Baris
① Arahkan pointer mouse pada batas
bawah baris yang akan diubah hingga tanda plus warna putih berubah menjadi
tanda panah dua arah.
Catatan : Bila ingin mengubah tinggi
sederet baris, terlebih dahulu bloklah baris yang akan diubah tingginya,
kemudian tempatkan pointer mouse ke batas bawah salah satu baris tersebut.
② Klik tombol kiri mouse, dan
sambil terus menekan mouse, geser(drag)-lah mouse hingga tinggi baris sesuai
yang diinginkan.
K. Mengatur Format Tampilan Huruf
Data
yang ketikkan pada lembar kerja dapat ditampilkan dengan berbagai bentuk untuk
memudahkan dan membuat variasi dalam lembar kerja anda. Bentuk huruf (font),
ukuran huruf (size), garis bawah (underline), warna huruf (color) dan efek
khusus lainnya dapat anda tambahkan dalam data anda.
Dua
cara dalam melakukan format huruf dapat ditempuh melalui perintah yang ada di
baris menu dan toolbar.
① Format Melalui Perintah di
Baris Menu
a. Sorot sel atau
range yang akan anda format
b. Pilih dan klik
menu Format(O), Cells (CTRL+1), dan kotak dialog
Format Cells akan ditampilkan
c. Pada kotak dialog
Format Cells tersebut, klik tab Font.
d. Tambahkanlah efek
khusus yang diinginkan pada teks dan klik OK.
② Format Melalui Toolbar
Tabel2.
Jenis2 Perintah Toolbar untuk Melakukan Format Tampilan Huruf
Toolbar
|
Jenis Perintah
|
Keterangan Fungsi
|
Text Font
|
Memilih bentuk huruf (font)
|
|
Font Size
|
Mengubah ukuran huruf (size)
|
|
B
|
Bold
|
Menampilkan huruf tebal (bold)
|
Italic
|
Menampilkan huruf miring (italic)
|
|
Underline
|
Memberi garis bawah (underline)
|
|
Font Color
|
Memilih warna huruf (font color)
|
L. Meratakan Tampilan Data
Bila
diperlukan, anda dapat mengatur tampilan data yang tersimpan pada suatu sel
atau range tertentu agar posisinya ditampilkan rata kanan, kiri, di tengah sel
atau di tengah beberapa kolom tertentu.
Ada
2 cara yang dapat ditempuh dalam melakukan perataan tampilan data ini, yakni
dengan menggunakan perintah yang ada di baris menu dan toolbar.
① Meratakan Data dengan Peintah
di Baris Menu
a. Sorotlah sel atau
range yang akan anda ubah tampilan datanya
b. Pilih dan klik
menu Format(O), Cells (CTRL+1) dan kotak dialog Format
Cells akan ditampilkan.
c. Pada kotak dialog
tersebut, klik tab Alignment
d. Lakukan pemilihan
sesuai keinginan anda pada kotak :
Vertical : digunakan untuk memilih
perataan secara vertical. Pilihan yang dapat dilakukan adalah Top (rata atas),
Center (rata tengah), Bottom (rata bawah), Justify (seluruh data ditampilkan
pada sel secara penuh).
Horizontal : beberapa pilihan yang dapat
dilakukan adalah :
General
|
Huruf ditampilkan rata kiri dan angka rata kanan
|
Left (Indent)
|
Data ditampilkan rata kiri
|
Center
|
Data ditampilkan rata tengah
|
Right
|
Data ditampilkan rata kanan
|
Fill
|
Mengisi seluruh sel dengan mengulang data
|
Justify
|
Data ditampilkan pada sel secara penuh
|
Center Across Selection
|
Data ditampilkan di tengah2 beberapa kolom
|
Orientation : untuk mengatur orientasi data dan derajat kemiringannya.
e. Klik OK
② Meratakan Data dengan
Perintah pada Toolbar
Tabel
3. Perintah Meratakan Data pada Toolbar
Toolbar
|
Perintah
|
Keterangan
|
|
Align Left
|
Data ditampilkan rata kiri
|
||
Center
|
Data ditampilkan rata tengah
|
||
Align Right
|
Data ditampilkan rata kanan
|
||
Merge and Center
|
Menyambung beberapa kolom, dan menaruh data ditengah kolom baru
tersebut
|
||
M.. Menambahkan Garis Pembatas dan Bingkai
① Sorotlah sel atau buatlah range,
tempat yang akan diberi bingkai
② Pilih dan klik menu Format(O),
Cells (CTRL+1). Lalu klik tab border.
③ Pada bagian Presets, pilih dan klik salah satu
tombol berikut :
None, digunakan untuk menghapus garis
pembatas dan bingkai
Outline, digunakan untuk membuat bingkai
disekeliling sel atau range
Inside, digunakan untuk membuat garis
pembatas didalam range
④
Pada bagian Border, pilih dan klik garis pembatas yang diinginkan
⑤ Pada kotak pilihan Style, pilih jenis garis yang
diinginkan
⑥ Pada kotak pilihan Color,
pilihlah jenis warna yang diinginkan
⑦ Gambar di bagian border adalah
preview bingkai atau garis pembatas yang telah anda set. Klik OK bila
sudah selesai.
N. Menyisipkan Sel, Baris dan Kolom
Kadangkala
kita perlu untuk menyisipkan baris atau kolom karena saat
memasukkan/mengetikkan data, ternyata ada data2 yang terlewat. Langkah2 yang
dapat ditempuh adalah seperti berikut ini :
① Sorotlah sel, atau buatlah range
tempat sel, baris atau kolom baru akan disisipkan
② Pilih dan klik di baris menu :
Insert, Rows untuk menyisipkan baris baru
Insert, Column untuk menyisipkan kolom baru
Insert, Cells untuk menyisipkan sel baru
O. Menghapus Sel, Baris atau Kolom
Selain
data yang terlewat, terkadang kita juga menemukan data2 yang mengalami
penulisan dua kali. Untuk yang semacam ini, untuk memperbaiki penulisan data
dapat ditempuh dengan menghapus sel, baris ataupun kolom.
① Sorot sel atau range tempat sel,
baris atau kolom yang akan dihapus
② Pilih dan klik menu Edit,
Delete. Kotak dialog Delete akan ditampilkan
③ Pilih dan klik salah satu
pilihan berikut ini :
Shift cells left, digunakan untuk menghapus isi
sel atau range yang anda sorot dan menggantinya dengan data pada baris sama di
sebelah kanannya.
Shift cells up, digunakan untuk menghapus isi
sel atau range yang anda sorot dan menggantinya dengan data pada kolom sama di
sebelah bawahnya
Entire row, digunakan untuk menghapus
seluruh baris pada sel atau range yang anda sorot
Entire column, digunakan untuk menghapus
seluruh kolom pada sel atau range yang anda sorot
④ Klik OK
SOAL LATIHAN
Buatlah
lembar kerja daftar upah harian dari PT. SUKA MAKMUR seperti ditampilkan
dibawah ini. Masukkan pula isi dari WAKTU KERJA dan TOTAL UPAH yang masih
kosong, serta kemudian ubahlah bentuknya menjadi bentuk table.
Ketentuan
Soal :
Waktu Kerja = Jam
Keluar Jam Masuk
Total Upah = Waktu
Kerja * 24 * Tarif Upah/Jam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar